Ketika Anda menerima order baru dengan LP Anda di Scalev, maka mengecek order yang masuk adanya di halaman Orders.
Tampilannya seperti ini:
Halaman Orders Scalev
Untuk memahami tampilan halaman Orders, silakan simak gambar di bawah ini beserta penjelasannya berdasarkan label nomor masing-masing.
Anatomi halaman Orders
Tombol untuk menambah atau membuat order baru secara manual tanpa melalui form LP.
Jumlah order yang diterima dalam rentang waktu tertentu.
Cara mengaturnya lihat label nomor 17.
Kotak pencarian order ini berguna untuk mencari order spesifik dengan cara mengisi data nama buyer, no. hp buyer, atau order id.
Ketik saja datanya di kotak yang tersedia.
Tidak harus memencet Enter di keyboard setelah memasukkan datanya.
Klik ikon ini untuk memunculkan pengaturan filter daftar pesanan yang lebih lengkap.
Tampilannya seperti ini:
Filter Daftar Pesanan
Klik ikon ini untuk memunculkan pengaturan kolom yang ingin Anda tampilkan di daftar pesanan.
Tampilannya seperti ini:
Pengaturan kolom daftar pesanan
Klik ikon ini untuk memunculkan pilihan download data order yang tampil di daftar pesanan aktif saat ini.
Tampilannya seperti ini:
Popup menu download data order
Data hasil download berupa file csv yang dapat dibuka oleh aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet.
Klik ikon ini untuk memunculkan pilihan upload data order.
Tampilannya seperti ini:
Popup menu upload data order
Gunanya untuk menambahkan order baru dari tempat lain.
Atau mengupdate data order yang sudah ada di daftar pesanan.
Klik ikon ini untuk menyembunyikan atau menampilkan kembali bagian informasi ikhtisar order.
Lihat bagian label nomor 16.
Tampilannya seperti ini:
Ikhtisar order dalam daftar pesanan
Klik ikon ini untuk memperlebar tampilan tabel daftar pesanan sehingga dapat menampilkan lebih banyak kolom yang tersembuyi.
Klik untuk mengatur daftar pesanan yang tampil apakah sebagai Seller atau Fullfilment Provider.
Judul kolom daftar pesanan.
Kolom-kolom yang ditampilkan di sini dapat diatur sendiri.
Lihat label nomor 5.
Kotak centang di sebelah kiri berguna untuk mencentang seluruh order yang tampil di daftar pesanan aktif.
Bagian ini akan muncul ketika Anda sedang berada di halaman order lalu setelah beberapa saat ada order terbaru yang masuk tapi belum ditampilkan.
Nah, klik bagian ini untuk memunculkan orderan terbaru tersebut tanpa merefresh halaman order.
Klik ikon ini untuk menampilkan halaman public order yang berisi ringkasan order yang dibeli oleh buyer.
Tampilannya seperti ini:
Halaman public order yang berisi ringkasan pesanan dari buyer
Ini adalah tabel daftar pesanan yang memuat informasi bawaan dengan kolom seperti:
Kolom bawaan tersebut dapat Anda ubah dan sesuaikan sendiri.
Lihat label nomor 5.
Klik ikon ini untuk memunculkan tindakan cepat (quick action) pada suatu order.
Menu yang dimunculkan ketika titik tiga ini diklik akan berbeda-beda tergantung status ordernya.
Bagian ini menampilkan ikhtisar order dari daftar pesanan aktif.
Ada tiga bagian, yaitu:
Tampilannya di dalam slider seperti ini:
Slider ikhtisar pesanan
Klik titik di bawah bagian tersebut untuk menavigasi.
Pengatur rentang tanggal untuk menampilkan daftar pesanan yang disesuaikan sendiri berdasarkan tanggal awal dan akhir.
Cara filter:
Dengan mengetahui anatomi halaman order di atas, diharapkan Anda dapat lancar mengelola orderan yang masuk.
Tindakan apa saja yang bisa dilakukan pada order yang masuk ke toko Anda?
Sebelum melanjutkan, Anda perlu memahami dulu status order yang diterima.
Ketika LP Anda menerima order maka statusnya akan menjadi salah satu di antara kedua ini:
Created atau Pending.
Apa bedanya?
Yaitu order yang masuk TIDAK MEMILIKI metode pembayaran apa pun.
Status order ini didapatkan dari form yang tidak menampilkan metode pembayaran (disembunyikan).
Dari form yang dibuat sengaja agar tidak memerlukan pembayaran dengan tujuan untuk data collection (cth. lead magnet).
Yaitu order yang masuk MEMILIKI metode pembayaran tertentu.
Baik itu metode pembayaran Bank Transfer, QRIS, atau Epayment lainnya.
Biasanya buyer sudah tahu harga produk yang akan dibelinya.
Dan sudah berniat untuk membayar.
Order berstatus Pending ini perlu difollowup oleh tim CS Anda.
Agar buyer segera melakukan pembayaran.
Dua jenis status order di atas adalah status yang paling sering akan Anda terima.
Yaitu order yang sudah terkonfirmasi oleh Admin/CS bahwa pesanannya sudah dibayar oleh buyer toko Anda.
Yaitu order yang sudah terkonfirmasi dibayar dan sedang dalam proses penyiapan produknya untuk dikirimkan ke buyer.
Yaitu order yang sudah terkonfirmasi dibayar, sedang dalam proses, stok produk tersedia, dan sudah dipackaging untuk selanjutnya siap dikirimkan oleh kurir.
Yaitu order yang sudah dalam proses pengiriman oleh kurir.
Yaitu order yang barangnya sudah dikirim dan diterima oleh buyer dengan baik tanpa komplain apa pun.
Yaitu order yang barangnya sudah dikirim dan diterima oleh buyer namun karena suatu hal/alasan tertentu (seperti refund/tukar produk cacat), buyer/seller meminta barangnya dikembalikan dulu.
Semua status order di atas dapat diubah ke status yang lain berdasarkan kondisi berikut ini:
Status Order Saat Ini | Dapat Diubah ke |
---|---|
Created | Pending, Canceled |
Pending | Confirmed, In Process, Ready, Canceled, Shipped |
Confirmed | Pending, In Process, Ready, Canceled, Shipped |
In Process | Pending, Confirmed, Ready, Canceled, Shipped |
Ready to Ship | Pending, Confirmed, In Process, Canceled, Shipped |
Shipped | Pending, Confirmed, In Process, Ready, Completed, RTS, Closed |
Completed | Shipped |
RTS | Shipped |
Jika Anda berjualan produk fisik dan menerima order baru, ikuti alurnya di bawah ini:
Jika Anda berjualan produk digital dan menerima order baru, ikuti alur di bawah ini:
Produk digital tidak memerlukan status order yang biasanya ada di produk fisik, yaitu: Ready To Ship, Shipped, dan Return To Sender (RTS).
Jadi Anda boleh mengabaikan status order tersebut apabila jualan Anda produk digital.
NOTE: Poin no. 4 pastikan Anda telah mengatur produk yang berisi akses produk digital yang akan dikirimkan ke buyer.
Baca artikel ini:
Anggaplah Anda lagi testing order atau ada order yang tidak dibutuhkan lagi untuk ADA dan ingin membersihkan order tersebut supaya halaman Orders terlihat bersih kembali.
Anda bisa menghapus "order sampah" tersebut.
Untuk menghapus order pastikan status order saat ini adalah Created atau Canceled dulu baru bisa dihapus.
Selain dua status order tersebut tidak bisa dihapus.
Caranya:
Tombol Hapus Pesanan
Bisa juga Anda lakukan langsung di halaman Orders centang order yang ingin dihapus, lalu klik Bulk Action, muncul menu lalu klik Delete Order.
2 weeks ago