Customer Merasa Scalev Belum Kirimin Email Akses Produk, Gimana Nih?!
hidden
Knowledgebase
Salah lima kejadian dimana customer merasa gak nerima email dari Scalev, adalah:
- Emailnya typo (gimana mau sampe ke inbox?).
- Emailnya masuk spam (kalo yang ini, banyak faktor).
- Emailnya si customer kepenuhan (minta ditabok).
- Pihak ketiga yang kirim email, ngirim. Tapi Scalevnya aja yang error (kalo ini salah Scalev).
- Scalevnya bener, tapi emang emailnya aja yang gak kekirim (nah kalo ini, salah pihak ketiga yang digunakan Scalev untuk kirim email. Sendgrid)
.
Karena seringnya terjadi case
- Sang customer marah – marah atau merasa ditipu oleh tokonya salah satu user Scalev,
- Lalu user Scalev jadi melimpahkan kemarahan tersebut ke Scalev…
- Dimana mayoritas yang terjadi adalah: 1-3 (4 & 5 jarang terjadi)…
Scalev mencoba mencari jalan tengah.
⇣
Jalan tengah yang akan jadi WASIT ADIL bagi kita semua.
- Bagi customernya user Scalev.
- Bagi user Scalev.
- Bagi Scalev itu sendiri.
⇣
Yaitu memberikan tracking.
Tracking email.
Dimana trackingnya, adalah signal dari pihak ketiga yang ngirimin email – emailnya Scalev selama ini (Sendgrid).
Jadinya fair.
Gak memihak ke user.
Gak memihak ke Scalev.
⇣
Tutorial:
- Ke store Anda.
- Ke bagian: “Notifikasi Email”.
- “Aktif”
- Ya, kirimkan untuk pesanan baru”
- 4 – 4nya, dicentang.
⇣
⇣
Setelah setting sesuai tutorial di atas,
Untuk orderan yang baru…
Di detail setiap order, ada sub tab “Email History”…
Disitu akan jelas pengiriman email setiap perubahan status:
- Status order: Pending
- Status order: Confirmed
- Status order: Shipped
- Status order: Completed
.
Contoh:
\===
Jadi…
Kalau emang nanti ada customer ngamuk – ngamuk di WA Anda karena merasa gak terima email apa – apa…
Coba cek.
- Kalau ternyata dia typo, Anda bisa semprot balik dia!
- Kalau udah “Delivered”, bisa Anda suruh dia cek spam folder.
- Kalau udah “Delivered”, tapi di folder spam gak ada juga. Coba suruh hapus – hapusin email dia. Kepenuhan kali. Lalu untuk email delivery produk digital, Anda bisa send ulang.
- 1 – 3 bukan, tapi tetep gak terima emailnya: Bisa hubungin Scalev. Bisa jadi emang Scalev yang error.
- 1 -4, bukan, tapi tetep gak terima emailnya: Nanti Scalev akan coba ngurus langsung ke Sendgridnya.
Dengan ini, semoga drama soal email kekirim atau gak kekirimnya, bisa hilang.
Antara dengan customer.