Customer Merasa Scalev Belum Kirimin Email Akses Produk, Gimana Nih?!

hidden Knowledgebase

Salah lima kejadian dimana customer merasa gak nerima email dari Scalev, adalah:

  1. Emailnya typo (gimana mau sampe ke inbox?).
  2. Emailnya masuk spam (kalo yang ini, banyak faktor).
  3. Emailnya si customer kepenuhan (minta ditabok).
  4. Pihak ketiga yang kirim email, ngirim. Tapi Scalevnya aja yang error (kalo ini salah Scalev).
  5. Scalevnya bener, tapi emang emailnya aja yang gak kekirim (nah kalo ini, salah pihak ketiga yang digunakan Scalev untuk kirim email. Sendgrid)

.

Karena seringnya terjadi case

  1. Sang customer marah – marah atau merasa ditipu oleh tokonya salah satu user Scalev,
  2. Lalu user Scalev jadi melimpahkan kemarahan tersebut ke Scalev…
  3. Dimana mayoritas yang terjadi adalah: 1-3 (4 & 5 jarang terjadi)…

Scalev mencoba mencari jalan tengah.

⇣

Jalan tengah yang akan jadi WASIT ADIL bagi kita semua.

  • Bagi customernya user Scalev.
  • Bagi user Scalev.
  • Bagi Scalev itu sendiri.

⇣

Yaitu memberikan tracking.

Tracking email.

Dimana trackingnya, adalah signal dari pihak ketiga yang ngirimin email – emailnya Scalev selama ini (Sendgrid).

Jadinya fair.

Gak memihak ke user.

Gak memihak ke Scalev.

⇣

Tutorial:

  1. Ke store Anda.
  2. Ke bagian: “Notifikasi Email”.
  3. “Aktif”
  4. Ya, kirimkan untuk pesanan baru”
  5. 4 – 4nya, dicentang.

Tracking Email 1 Min

⇣

Tracking Email 2 Min

⇣

Setelah setting sesuai tutorial di atas,

Untuk orderan yang baru…

Di detail setiap order, ada sub tab “Email History”…

Disitu akan jelas pengiriman email setiap perubahan status:

  • Status order: Pending
  • Status order: Confirmed
  • Status order: Shipped
  • Status order: Completed

.

Contoh:

Tracking Email 3 Min

\===

Jadi…

Kalau emang nanti ada customer ngamuk – ngamuk di WA Anda karena merasa gak terima email apa – apa…

Coba cek.

  1. Kalau ternyata dia typo, Anda bisa semprot balik dia!
  2. Kalau udah “Delivered”, bisa Anda suruh dia cek spam folder.
  3. Kalau udah “Delivered”, tapi di folder spam gak ada juga. Coba suruh hapus – hapusin email dia. Kepenuhan kali. Lalu untuk email delivery produk digital, Anda bisa send ulang.
  4. 1 – 3 bukan, tapi tetep gak terima emailnya: Bisa hubungin Scalev. Bisa jadi emang Scalev yang error.
  5. 1 -4, bukan, tapi tetep gak terima emailnya: Nanti Scalev akan coba ngurus langsung ke Sendgridnya.

Dengan ini, semoga drama soal email kekirim atau gak kekirimnya, bisa hilang.

Antara dengan customer.

Gilang

1 week ago

No votes yet