Dalam membuat toko online, urutan halaman yang diakses oleh calon buyer adalah elemen yang sangat penting.
Funnel yang umum kita lakukan:
Jenis-jenis funnel toko online\
Keterangan:
1. Landing page views adalah event yang pertama kali difiring saat seseorang mengunjungi website yang asalnya exclusive hanya dari iklan.
Tidak semua orang yang visit ke website Anda akan ditandai LP views oleh Meta. Hanya orang-orang yang dari iklan saja yang "berhak" ditandai oleh event ini.
2. Add to cart event lazimnya Anda terapkan pada halaman yang tidak memiliki form di landing page.
3. Initiated checkout adalah event yang diatribusikan pada momen pengambilan keputusan calon pembeli.
Biasanya terjadi ketika pembeli sudah memutuskan apa saja yang akan ia beli, sebelum kemudian mengisi data pembayaran.
4. Add payment info diterapkan biasanya ketika seorang calon pembeli telah mengisi data pembayaran di dalam website.
Umumnya terjadi ketika seseorang sudah memasukkan data credit card.
5. Purchase diterapkan ketika pembelian telah diselenggarakan. Umumnya terjadi saat pembeli sudah membayar.
Dalam kasus transaksi online di Indonesia, terdapat metode pembelian yang agak unik, yakni COD.
Khusus untuk COD, event purchase ini bisa diterapkan ketika pembeli telah mengonfirmasi pembelian dan menyetujui pengiriman barang.
Meletakkan LP Views
Memasang event ViewContent
1. Masuk menu Landing Page\
2. Tekan button Landing Page Baru\
3. Cari menu Pengaturan\
4. Lalu pilih event "ViewContent" (dengan catatan Anda sudah mengatur FB Pixel pada Scalev Anda)
Saya cari event Landing Page View dengan menggunakan Chrome Extension FB Pixel Helper kok tidak ada mas?
Ingat bahwa LP Views adalah View Content yang diakses perdana dari sebuah iklan. Anda hanya akan menemukan istilah Landing Page View pada dashboard iklan.
Meletakkan Add To Cart
Terdapat 2 cara untuk memasang add to cart event:
1. Pada button\
2. Pada halaman yang dituju oleh button add to cart
Kedua cara ini bisa Anda pilih dengan pertimbangan berikut:
1. Jika Anda pasang pada button, event akan difiring sesaat ketika button diklik; tidak peduli halaman setelahnya berfungsi ataupun tidak.
Biasanya penggemar peletakan event pada button adalah para pemilik toko online dengan funnel no 4 dan 5. Dari saya, not recommended.
2. Jika Anda letakkan di halaman tertentu setelah button diklik, data akan lebih berintegritas. Artinya angka yang muncul pada dashboard ads kita benar-benar bisa dipercaya.
Jika ada 100 ATC maka itu benar-benar real halaman ATC terbuka 100x dari iklan. Saya suka cara yang kedua.
Untuk memasang event di button, buka Landing Page Studio (LPS) Scalev Anda, kemudian cari elemen button. Saat menyettingnya, Anda akan menemukan menu ini:
Menambahkan event di button\
Untuk memasang pada halaman tertentu yang dituju setelah tombol add to cart diklik (funnel 1, 2, dan 3), maka Anda bisa pasang seperti biasa saja.
Contohnya ini:
Memasang event saat halaman terbuka\
Meletakkan Initiated Checkout
Event ini akan kita letakkan sesaat setelah calon pembeli (pengunjung toko kita) mengisi formulir.
Untuk mengisinya di Scalev, Anda perlu mengatur terlebih dulu produk apa yang Anda tawarkan kepada pengunjung dan dihubungkan di form melalui komponen form pemesanan online.
Meletakkan event di komponen form\
Saat komponen form pemesanan online > form pemesanan dipilih, maka di dalam editor landing page Anda akan otomatis muncul 2 konten sebagai berikut:
Komponen Produk / Bundel dan Form Pemesanan
Saya tidak akan menjelaskan terlalu jauh mengenai elemen produk dan form pemesanan.
Anda bisa pelajari sendiri langsung di Scalev.
Kita kembali ke pokok bahasan.
Untuk mengatur event initiated checkout, Anda masuk ke button roda gigi yang saya beri tanda panah pada gambar di atas.
Jika sudah, scroll ke bawah, Anda akan menemukan pengaturan seperti ini:
Pengaturan event pada form\
Silakan isi dengan event yang sesuai. Default Scalev sudah terisi event Initiated Checkout.
Tapi jika Anda ingin menggunakan API, tinggal ganti saja defaultnya dengan Add Payment Info.
Meletakkan Event Purchase
Pengaturan purchase agak berbeda di Scalev. Kita tidak mengatur di level landing page, melainkan di area store/toko.
Pengaturan event Purchase terletak di Store\
Setelah Anda masuk ke menu Store, silakan masuk ke dalam toko yang sudah Anda miliki.
Anda akan menemukan menu seperti di bawah ini di sisi kanan layar jika telah masuk ke dalam toko.
Klik pada bagian yang saya beri tanda panah.
Letak pengaturan Trigger Event Purchase\
Setelahnya, Anda akan melihat pilihan menu sebagai berikut:
Trigger Purchase untuk Bank Transfer
Trigger Purchase untuk COD
Perhatikan baik-baik settingan default yang ada di Scalev.
Jika menurut Anda sudah cocok dengan toko Anda, maka tidak perlu diapa-apakan lagi.
Tapi jika ada yang berbeda menurut Anda, maka silakan disesuaikan sendiri.
Salah satu kondisi yang dicentang akan sudah cukup untuk mentrigger purchase di toko Anda, yang kemudian akan dikirim kembali ke Meta; dengan catatan pengaturan conversion API Anda sudah betul.
Jika Anda belum yakin mengenai setting Conversion API toko Anda, silakan kontak CS Scalev.
Kalau SUDAH SEMUA Anda setting (full settingan event dari sejak tiba di Landing Page Anda -- Coba Order -- Purchase), Anda bisa menge-test sekaligus memastikan semuanya sudah benar, dengan mengikuti tutorial yang ada di artikel ini: Cara Testing Pixel di Events Manager.
2 weeks ago