Tutorial Cara Testing Pixel Di Events Manager

hidden Knowledgebase

Untuk memastikan dataset (pixel) yang terpasang di LP Anda events-nya sudah berjalan dengan benar maka perlu diuji terlebih dulu oleh Events Manager di BM Meta.

Caranya silakan ikuti panduan berikut ini.

  1. Masuk ke beranda Business Manager (BM) Anda di Meta, lalu buka halaman Events Manager

Events Manager 7 Min

  1. Di halaman Events Manager cek bilah sisi kiri lalu klik Data Sources

Events Manager 8 Min

  1. Kalau sudah di halaman Data Sources:
  • Pilih pixel yang akan dites
  • Klik tab Test events
  • Copy kode test

Events Manager 9 Min

  1. Setelah itu buka halaman pengaturan Analitik Scalev di Setting > Analitik lalu klik pixel yang Anda pakai

Events Manager 3 Min

  1. Muncul dialog Detail Akun Analitik, paste kode test dari Events Manager ke kolom Kode Testing setelah itu klik tombol Simpan

Events Manager 4 Min

Setelah menyimpan pengaturan tersebut langkah selanjutnya adalah membuka LP Anda di Scalev dengan browser Chrome/Edge.

⛔️ Tidak direkomendasikan mengetes LP dengan browser Safari.

Silakan test funnel LP Anda mulai dari membuka halaman sampai submit form.

Ketika order sudah masuk ke Scalev, ubah status orderan menjadi Paid.

Kemudian perhatikan halaman Events Manager di bagian tabel β€œEvents Received”.

Events Manager 10 Min

Keterangan status event:

  • Processed – satu kali trigger event berhasil diterima oleh Meta.
  • Deduplicated – dua kali event yang sama ke-trigger lalu oleh Meta diterima dan dihitung sebagai satu kali trigger event.

Dua tipe status event tersebut normal dan aman.

Jika semua event yang ada di funnel Anda sudah muncul sampai event Purchase, berarti pengujian pixel Anda sudah BENARΒ dan siap untuk dipakai beriklan.

NOTE:

Jika tampilan BM Anda berbahasa Indonesia, lihat versi bahasa Indonesianya di sini β†’ https://tutorial.scalev.id/testing-events-manager-id/

Gilang

1 week ago

No votes yet